Cara Membuat Blog , Panduan Lengkap Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Terakhir diperbaharui pada

Pastinya kamu sedang mencari cara membuat blog hingga sampai disini.

Panduan gratis kami tentang cara membuat blog ini akan membantu anda dengan lebih cepat membuat blog yang indah dan fungsional , semua akan kami jabarkan dengan tahapan-tahapan yang praktis dan mudah di ikuti.

Apa itu Blog?

Singkatnya , blog adalah sebuah jenis situs website yang memiliki fokus utama pada penulisan berupa text , dikenal juga dengan sebutan blog post.

Sering kita lihat diluar sana banyak terdapatt blog yang membahas tentang selebriti ataupun blog berita , dengan panduan ini kamu bisa membuat blog yang sukses apapun topik atau segmen yang akan kamu bidik.

Para Blogger (Orang yang menulis blog , bukan platform blog) sering menulis segala sesuatu dari perspektif pribadi sehingga dapat membuat hubungan unik dengan pembaca.

Blog juga menyediakan kolom komentar yang di sediakan untuk penulis dan pembaca untuk saling terhubung.

Hubungan langsung antara penulis blog dan pembaca merupakan keuntungan utama dari sebuah blog , kamu bisa bertukar pikiran atau membahas topik yang sedang dibahas.

Kamu juga bisa membangu trust atau tingkat percayaan pembaca terhadap web blog anda.

Memiliki trust dan kesetiaan pembaca adalah pintu utama kamu bisa menghasilkan uang dari blog.

Haruskah Kita Membuat Blog?

Cara Membuat Blog

Banyak orang takut untuk memulai ngeblog karena merasa tidak bisa menulis dengan baik , harus menjadi penulis yang baik untuk bisa menghasilkan dari blog.

Semua itu sangat salah , karena blog merupakan tulisan dari perspektif masing-masing blogger jadi yang namanya blog tidak harus formal malah disarankan blog haruslah santai agar pembaca merasa dekat dan nyaman.

Tidak perlu menjadi penulis profesional untuk memulai blog , tidak perlu title sarjana , pengalaman bertahun-tahun dalam bidang menulis.

Berapapun usiamu , lokasi atau latar belakangmu kamu bisa memulai blog sekarang juga , iya sekarang juga , kamu hanya perlu mengikuti panduan dengan baik di bawah.

Apa Tujuan Nge Blog?

Dari kegiatan ngeblog kita bisa mencurahkan segala macam pikiran yang ada di kepala , namun pada umumnya blog dapat di gunakan sebagai :

1. Sumber Pendapatan Online

Saat ini sudah semakin banyak orang di dunia memilih hanya bekerja dari rumah dengan cara online daripada bekerja kantoran dari pagi hingga sore bahkan malam hari.

Karena terbukti ngeblog bisa menghasilkan penghasilan luar biasa namun tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Semua yang kamu tulis saat ini memiliki potensi menghasilkan di masa yang akan datang , tentu kamu tidak perlu langsung seketika meninggalkan perkerjaan utamamu saat ini , kamu bisa memulai blogging dengan part time untuk sementara waktu.

Saat blog mulai menghasilkan dan memberi pemasukan yang lebih besar dari pekerjaan mu saat ini barulah kamu bisa memikirkan dan memutuskan menjadi full time blogger.

2. Mengembangkan Bisnis Dan Citra Brand

Apabila kamu memiliki bisnis saat ini , tentu saja dengan memiliki blog merupakan pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnismu serta menambah peluang untuk mendapatkan customer baru.

Kamu bisa menulis artikel yang menunjang produk atau jasa yang kamu jual , buat konten yang terbaik di sektor bisnismu maka calon konsumen akan melihat bisnis serta brand mu yang paling berkompeten di bidangnya.

3. Tulis Ceritamu Sendiri

Tujuan umum dari sebuah blog adalah menceritakan apasaja yang telah kamu pelajari tentang apapun di dunia ini.

Contohnya , apabila kamu sedang mempelajari suatu skill tertentu dan ingin berbagi proses pembelajaranmu kepada orang lain maka kamu bisa membuat blog untuk itu.

Blog sangat sempurna untuk menceritakan apapun mulai dari perjalanan hidupmu , dokumentasi kegiatan sehari-hari dan masih banyak lagi.

Sudah siap mulai?

Cara Membuat Blog Dengan 5 Langkah Mudah

Langkah-langkah yang kami tuliskan di bawah ini kami buat agar semudah mungkin di pahami , apabila ada kesulitan kamu bisa tulis komentar di bagian paling bawah.

Untuk panduan ini memang tidak pendek , kamu bisa bookmark di browsermu masing-masing jika ingin menyimpan halaman ini dan membacanya kembali nanti.

Kami juga membaginya dengan beberapa Chapter / Bab agar lebih mudah di baca serta di pahami.

Chapter 1 : Pilih Platform Blog mu

platform blog

Sebelum memulai perjalanan blog mu , kamu harus pilih dengan platform apa kamu akan mulai blogmu.

Platform blog ini ibarat sebuah kendaraan yang akan kamu gunakan untuk sebuah perjalanan panjang.

Jadi pilih dengan bijak ya , untuk kami sendiri menyarankan untuk menggunakan platform wordpress self-hosted karena memiliki fleksibilitas yang tinggi dan merupakan platform yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia.

Berbagai macam platform blog yang bisa kamu gunakan :

  1. WordPress.org – Self-hosted (Recommend)
  2. WordPress.com
  3. Blogger
  4. Tumblr
  5. Medium
  6. Squarespace
  7. Wix
  8. Ghost

Selain wordpress.org dan Ghost semua platform diatas mengharuskan kita menggunakan hosting dari dari pihak mereka , jadi kita tidak dapat memiliki kebebasan dan tidak dapat memiliki 100% hasil karya kita sendiri.

Pentingnya menggunakan format self-hosted , karena kita memiliki kendali penuh atas properti dunia maya kita , kita tidak akan khawatir akan melanggar TOS atau policy yang menyebabkan blog kita di hapus.

Kelebihan WordPress Dibanding Lainnya

kelebohan blog dengan wordpress

WordPress memiliki sangat banyak kelebihan di banding platform blog lainnya , wordpress merupakan platform blog paling populer di seluruh dunia , bahkan untuk seluruh platform website wordpress juga nomor 1.

Lebih dari 30% website di dunia menggunakan platform yang satu ini.

WordPress.org merupakan sebuah program open source untuk blog , sehingga kita bisa menggunakannya untuk tujuan apa saja.

Yang di maksud self-hosted sendiri adalah kita harus menggunakan hosting yang kita miliki dan kelola sendiri agar blog dari wordpress ini bisa berjalan.

Kelebihan WordPress antara lain :

  • WordPress.org memberikan kendali penuh atas semua aspek yang ada di websitemu.
  • Kamu bisa mengembangkan blogmu menjadi seuah forum , toko online atau menjadi sebuah website membership , sangat menunjang perjalanan blogmu untuk mendapatkan penghasilan di kemudian hari.
  • Memiliki pilihan ribuan template gratis.
  • Kamu juga mendapatkan akses langsung ke lebih dari 50 ribu plugin yang gratis , plugin ini berguna untuk menambahkan berbagai fitur dan kegunaan pada website wordpressmu.
  • WordPress sudah terbukti sangat SEO friendly , sehingga memudahkan kamu dalam proses SEO ke depannya , dan banyak plugin yang dapat menunjang kebutuhan SEO mu.
  • Gratis , iya kamu tidak perlu membayar sepeserpun selamanya , kamu hanya mengeluarkan untuk kebutuhan hosting atau themes dan plugins itupun jika kamu ingin menggunakan versi berbayarnya.
  • Mudah digunakan , kamu tidak perlu mahir dalam hal coding , atau paham bahasa pemrograman seperti HTML dll , karena wordpress menyediakan user interface yang sangat mudah bagi pemula sekalipun.
  • Dengan menjadi platform yang paling populer di dunia maka memudahkan kita menemukan berbagai macam tutorial dan tips tentang wordpress.

Dengan banyak kelebihan yang dimiliki oleh wordpress maka sangat mudah bagi kita untuk memutuskan untuk menggunakannya.

Jadi platform blog apa pilihanmu?

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan wordpress sepertinya kamu tidak perlu meneruskan membaca artikel ini , namun apabila pilihan mu jatuh pada wordpress.org tegakkan sandaran , siapkan kopi panas kita lanjutkan perjalanan membuat blog.

Chapter 2 : Pilih Nama Domain Untuk Blog

nama domain yang baik

Setiap website di dunia maya wajib memiliki alamat sendiri-sendiri dan pasti berbeda antara satu dengan yang lain.

Untuk memilih nama domain yang tepat untuk blog mu memang membutuhkan waktu , karena nama ini akan kamu gunakan seterusnya.

Namun jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan cara memilih nama domain yang baik untuk kemajuan blog mu.

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat?

Berikut beberapa hal penting sebelum menentukan dan membeli domain untuk blogmu :

1. Brandable Domain

Pilih nama domain yang unik serta mewakili brand yang kamu miliki , bila websitemu mewakili bisnis yang kamu miliki maka gunakan brand atau merk bisnis/produkmu sebagai nama domain.

Kamu bisa cek sendiri website-website besar , perhatikan nama domain yang mereka gunakan , mereka selalu mengutamakan brand mereka sendiri ketimbang menggunakan nama domain dari kata-kata yang umum.

Ini bertujuan agar pembacamu daat mengingat nama website yang telah mereka kunjungi , karena nama websitemu merupakan nama brandmu dan mungkin belum pernah merekan dengar seumur hidup mereka , jadi lebih mudah menancap di benak mereka.

2. Usahakan Nama Domain Yang Singkat

Jangan menggunakan nama domain yang panjang , hal ini tentunya sangat sulit di ingat oleh para pembaca kita.

Jangan pikir kita mengharap traffic hanya dari search engine seperti Google , untuk pertama memang iya , namun apabila blog kita memiliki pembaca setia tentunya mereka akan langsung mengetik nama domain kita di browser ketimbang menggunakan search engine.

Usahakan jumlah huruf di antara 5-12 huruf saja , untuk 4 huruf dengan ekstensi .com kebanyakan sudah di miliki orang lain.

Untuk 4 huruf kebawah kamu bisa cek ekstensi lainnya , namun jangan lupa selalu jadikan ekstensi .com pilihan pertama.

3. Mudah Di Ketik

Jangan pilih nama domain yang sekiranya sulit saat kita mengetikkannya di browser address bar , kamu pasti paham maksud kami , kamu mungkin juga sudah sering mengetikkan nama domain dari website atau aplikasi ternama yang sering kamu gunakan , mudah bukan saat kita mengetiknya?

4. Mudah Saat Di Ucapkan

Apabila nama domain mudah saat di ketikkan umumnya juga mudah saat kita menyebutnya.

Domain yang mudah di ucapkan memiliki keuntungan saat orang share website kita dari mulut ke mulut.

5. Hindari Tanda Sambung Dan Angka

Seperti kami sebutkan diatas , harus mudah di ketik dan di ucapkan , tanda sambung/baca dan angka termasuk cukup menyulitkan saat kita mengucapkan dan megetiknya.

Contoh :

https://wp-java.com
https://wpjava.com

Mana yang lebih nyaman saat di ketik dan di ucapkan?

6. Pikirkan Jangka Panjang

Pilih nama domain yang memang bisa kamu gunakan untuk jangka panjang atau bisa di gunakan untuk pengembangan bisnismu ke depannya.

Karena saat kamu memutuskan mengganti nama domain saat websitemu sudah besar maka kamu akan rugi banyak biaya yang selama ini digunakan untuk branding dan berdampak buruk terhadap ranking SEO.

7. Cek Hak Merek

Jangan sampai kamu terlanjur menggunakan sebuah domain yang ternyata namanya merupakan sebuah nama dari brand atau merek yang telah dimiliki oleh pihak lain , bahkan telah terdaftar di HKI.

Karena hal ini dapat merepotkan kamu di kemudian hari , karena pemegang merk memiliki hak untuk mengambil domainmu.

8. Pilih Ekstensi Yang Tepat

Seperti yang sudah kami singgung diatas , pilihan pertama tetap di .com.

Namun apabila sudah terlanjur dimiliki orang lain , kamu bisa menggunakan .id , .net , atau .org.

Dimana tempat Membeli Domain?

Untuk mendapatkan dan membeli domain tidaklah sulit , kamu bisa dengan mudah membelinya di banyak tempat , diluar ataupun dalam negeri.

Website Luar Negeri :

Website Dalam Negeri :

Kamu bebas membeli domain dimana saja , yang perlu kamu perhatikan adalah fitur-fitur yang dimiliki di masing-masing registrar terutama soal keamanan.

Tips :
Jangan lupa melakukan registrar lock untuk menghindari pencurian domain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Chapter 3 : Hosting Untuk Blog mu

hosting yang baik

Memilih perusahaan hosting yang baik memang tidak mudah , antara satu dengan yang lainnya memiliki kelebihan serta kekurangan.

Hosting / Web hosting sendiri adalah jasa yang menyediakan tempat untuk website atau halaman website agar bisa di akses melalui internet.

Hosting berupa komputer khusus yang sering di sebut server.

Di bagian ini kami coba menjelaskan cara memilih hosting yang tepat untuk website atau blog mu.

Jenis Hosting Yang Kamu Butuhkan

jenis hosting

Kebutuhan hostingmu harus menyesuaikan juga dengan kebutuhan websitemu saat ini.

Berikut jenis-jenis server hosting untuk kebutuhanmu :

A. Shared Hosting

Shared hosting adalah sebuah hosting yang menempatkan beberapa hingga banyak website di dalam satu server.

Karena server akan di bagi dengan banyak website ini terkadang mengakibatkan performa website juga kurang baik , terlebih di jam ramai atau prime time.

Atau apabila ada satu website di dalam website tersebut memiliki traffic yang banyak tentu akan mempengaruhi semua website yang ada di dalamnya.

Bahkan apabila ada salah satu website terjangkit virus , maka website lainnya dalam server yang sama memiliki potensi terjangkit virus tersebut.

Kamu bisa gunakan shared hosting melalui beberapa provider berikut :

  • Rumahweb
  • Hostinger
  • Niagahoster
  • Idwebshost
  • Jagoanhosting
  • Dll.

Sedangkan untuk provider luar negeri seperti :

  • Godaddy
  • Bluehost
  • Siteground
  • Inmotionhosting
  • Hostgator
  • Dll.

Tips :
Shared Hosting cocok untuk website atau blog yang berukulan kecil hingga menengah.

B. VPS & VPS Cloud Hosting

VPS singkatan dari Virtual Private Server , setiap website tetap akan berbagi dengan website lainnya , namun engguna VPS akan mendapatkan jumlah resources yang pasti dan tidak akan berkurang atau terpengaruh oleh website tetangga.

Server akan di bagi dengan virtual machine secara psati seakan-akan memiliki 1 server sendiri.

Banyak saat ini tersedia provider VPS yang terjangkau namun dengan hardware yang mumpuni , rata-rata penyedia layanan VPS seudah menyertakan storage SSD di layanannya.

Contoh penyedia VPS :

Tips :
VPS cocok untuk website yang berkembang cepat atau memiliki peningkatan traffic terus menerus.

C. Dedicated Server

Yang terakhir adalah server jenis dedicated , hanya untuk website yang ingin memiliki performa terbaik dan optimal.

Server hanya di gunakan untuk website kamu , semua power yang ada di server hanya untuk melayani kebutuhan websitemu , sudah pasti hasil yang maksimal akan selalu ada setiap saat.

Tingkat keamanannya pun terjamin , karena website mu tidak akan terinfeksi oleh website lainnya serta data-datamu akan lebih aman dengan dedicated server.

Hanya dedicated server bisa dibilang memiliki harga yang tinggi , apalagi bagi sebuah blog yang baru mau mulai , untuk blog baru kami sarankan gunakan dua jenis server sebelumnya.

Tips :
Dedicated Server cocok untuk website yang ingin mencapai performa terbaik, untuk perusahaan besar atau website bisnis yang sangat bergantung dengan uptime serta kehandalan server.

Chapter 4 : Cara Install WordPress di Hosting

cara install wordpress

Karena wordpress merupakan platform blog paling populer di dunia , maka banyak perusahaan hosting yang menyediakan cara instalasi dengan sangat mudah , hanya dengan beberapa klik saja.

Karena kami yakin anda semua memiliki pilihan hosting yang berbeda-beda maka sebaiknya kami tidak menulis cara install wordpress di hosting secara spesifik , melainkan kami akan memberikan rujukan artikel tentang itu dari perusahaan hosting masing-masing yang kemungkinan akan kamu gunakan.

Hosting dalam negeri :

Hosting luar negeri :

VPS luar negeri :

Rata-rata untuk shared hosting sudah menyediakan secara gratis auto installer seperti softaculous untuk memudahkan proses installasi wordpress.

Untuk pengguna VPS biasanya menginstall dengan cara yang lebih manual , biasanya dengan menggunakan command tools.

Untuk cloud hosting seperti Google compute dan AWS mereka memiliki marketplace yang memiliki berbagai macam wordpress installer , contohnya yang banyak di kenal seperti Bitnami.

Chapter 5 : Pilih Template WordPress

template wordpress yang terbaik

WordPress menyediakan banyak sekali template gratis yang bisa di gunakan , baik dari wordpress sendiri ataupun dari pihak ketiga.

Template gratis ini bisa kamu dapatkan melalui menu Tampilan > Tema > Tambahkan Baru.

Kamu bisa memilih dari puluhan ribu template yang cocok dengan kebutuhan blogmu.

Sebelum memilih template yang akan kamu harus perhatikan beberapa hal terlebih dahulu :

1. Fitur Apa Yang Di Butuhkan Blog Mu

Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang kamu butuhkan sebelum memulai blogmu.

2. Jangan Pilih Template Yang Bloated

Jangan gunakan template yang memiliki terlalu banyak fitur atau bahkan berlebihan , padahal belum tentu semua fitur tersebut kita gunakan semuanya.

3. Pilih Template Responsive

Template yang responsive sangat penting di era Google mobile first indexing , tampilan website kita harus lah indah di berbagai ukuran layar , terutama layar mobile.

4. Pertimbangkan Menggunakan Template Premium

Saran kami gunakan template premium atau yang berbayar , karena template yang premium biasanya sudah menerapkan standard yang baik , dan memperhatikan apa yang di butuhkan sebuah website terutama untuk bersaing di search engine.

Memilih template yang tepat merupakan salah satu hal yang sangat penting sebelum memulai blogmu , untuk penjelasa yang lebih detail tentang template wordpress kamu bisa baca artikel kami yang berjudul Template WordPress Terbaik 2019 , Speed Test!.

Chapter 6 : Plugin WordPress

plugin untuk wordpress

WordPress memiliki banyak sekali plugin yang bisa kamu gunakan untuk digunakan sebagai pelengkap kebutuhan blogmu , ada plugin gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan.

Namun ada beberapa plugin yang sangat kami rekomendasikan untuk menunjang performa dan kelancaran blog wordpressmu.

1. Plugin Yoast SEO

Sesuai namanya plugin ini berguna untuk meningkatkan performa SEO website wordpressmu.

2. Plugin Cache WordPress

Plugin cache sangat menunjang performa kecepatan load websitemu , Google tidak akan senang melihat sebuah website yang sangat lambat saat di akses.

Banyak pilihan untuk plugin cache ini , kamu bisa gunakan dari yang gratis seperti WP Super Cache , W3 Total Cache , WP Fastest Cache , Swift Performance Lite ataupun yang premium seperti WP Rocket , Swift Performance Pro.

3. Updraftplus

Plugin ini berfungsi untuk selalu mem backup secara otomatis website wordpressmu , jangan pernah anggap sepele masalah backup , kamu akan sangat bersyukur suatu saat nanti karena memiliki plugin backup seperti updraftplus.

4. Firewall Plugin

Plugin yang bisa kamu gunakan seperti Wordfence Security , yang memiliki fungsi sebagai firewall dari websitemu , kita tidak akan pernah tahu serangan apa yang akan menimpa website kita , jadi meminimalkan resiko tentu sangat baik bukan.

5. Redirection

Plugin ini berguna untuk redirect semua halaman yang sudah kamu hapus atau terhapus secara tidak sengaja ke halaman yang memang kamu setup atau misalnya homepage , karena terlalu banyak Page Not Found di website kita tentu tidak bagus untuk SEO website.

6. Broken Link Checker

Plugin ini secara otomatis akan melakukan cek ada atau tidaknya link yang broken atau rusak , kamu tinggal install plugin ini lalu mengaktifkannya dan semuanya akan berkerja secara otomatis.

Itu adalah beberapa plugin pokok yang kamu butuhkan , kamu bisa menambahkan plugin lainnya untuk kebutuhan tertentu.

Tips :
Jangan terlalu banyak menggunakan plugin , karena akan membebani kinerja dari website mu , biasanya berdampak pada kecepatan websitemu , saran kami jangan gunakan lebih dari 20 plugin dalam satu blog.

Untuk penjelasan lebih mendetail tentang cara memilih plugin cache yang baik kamu bisa menyimak pembahasan kami di 8 Plugin Cache WordPress Terbaik Untuk Mempercepat Website.

Chapter 7 : SEO WordPress

seo wordpress

Setelah semua pembahasan di atas selesai kamu lakukan , saatnya kita melakukan beberapa hal yang penting untuk menunjang performa SEO websitemu ke depannya.

Kabar baiknya kami telah menyiapkan panduan khusus untuk SEO WordPress di artikel kami yang berjudul SEO WordPress , Panduan SEO Untuk WordPress Terlengkap.

Sekarang kamu telah siap untuk menulis blog pertamamu , semoga perjalanan blog mu menyenangkan dan tentunya bisa menjadi salah satu sumber penghasilan baru untuk kamu.

Apabila ada yang ingin di tanyakan kamu bisa tinggalkan komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *