Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Bisnismu

cara memilih nama domain dengan baik dan benar

Terakhir diperbaharui pada

Nama domain bukan sekedar nama yang bisa kamu pilih secara sembarang , nama domain merupakan investasi untuk bisnis atau apapun yang sedang kamu bangun di dunia digital saat ini.

Banyak sekali diluar sana yang masih kurang tepat dalam memilih nama domain untuk bisnisnya , di artikel ini kami mencoba memberi tambahan wawasan atau masukan yang semoga bisa bermanfaat sebelum kamu membeli nama domain untuk bisnismu.

Cara Memilih Nama Domain Yang Baik Dan Efektif

Untuk memilih nama domain yang baik setidaknya kamu wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Lihat Brand / Merk mu

Brand atau merk yang kamu miliki adalah yang paling utama yang perlu kamu perhatikan , karena di dunia bisnis brand adalah sesuatu yang wajib kamu bangun dan perjuangkan.

Namun sayang sekali banyak para pebisnis baru atau para penyedia jasa pemasaran online memilihkan nama domain yang tidak tepat dan tidak mewakili brandnya secara baik.

Contoh :
Banyak website bisnis yang menggunakan nama domain dengan kata kunci / keyword yang di bidiknya ( misal: jasaapa.com, jualapa.com etc) untuk keperluan ranking SEO di mesin pencari , cara ini tidak lah haram , namun cara ini adalah trik lama dan sebenarnya sudah tidak berarti besar di saat ini.

Sedangkan algoritma mesin pencari saat ini terutama Google lebih mengutamakan website dengan nama domain yang mengutamakan Brand yang di milikinya alias Brandable.

Semakin kesini tentunya algoritma google makin pintar dan makin manusiawi dalam memberikan hasil pencariannya , jadi pertimbangan yang paling utama dalam memilih nama domain adalah pilih nama domain yang mewakili brandmu atau brandmu menjadi nama domain itu sendiri , ini yang terbaik.

Dengan begitu tentunya kamu akan lebih mudah dan menjiwai dalam membangun konten dalam website bisnismu , karena website bisnismu menjadi jembatan dalam memberikan informasi kepada para calon konsumen agar lebih mengenal brand yang kamu miliki.

Domain Yang Singkat Dan Mudah Di Ingat

Selanjutnya dalam memilih nama domain sebisa mungkin untuk menggunakan yang singkat dan mudah di ingat , tentunya lebih afdol lagi sebelum kamu membuat suatu produk lebih dulu memikirkan nama produk yang singkat dan cactchy agar dalam penentuan nama domain ke depannya pun akan mengikuti.

Namun apabila berkaitan dengan nama perusahaan yang biasanya panjang , misal: PT. Jiwa raya bersama rakyat , sebaiknya kamu tidak menggunakan nama domain www.jiwarayabersamarakyat.com karena pengunjung akan sulit menginggatnya , atau bagi pengunjung baru akan sulit untuk mengetiknya di browser dan meningkatkan peluang terjadinya typo atau salah pengetikan.

Untuk solusi kasus di atas kamu bisa menggunakan nama domain seperti www.JRBR.com atau www.JRBR.co atau semacamnya , walau untuk 4 huruf akan lebih mahal harganya namun efek dan manfaat yang dimiliki akan jauh lebih bernilai daripada harga awal kamu membelinya.

Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Memilih ekstensi atau akhiran nama domain juga sebaiknya harus tepat , karena tujuan adanya berbagai ekstensi adalah mencerminkan bidang atau sektor suatu website.

.COM

Ekstensi ini merupakan bentuk pendek dari Commercial , jadi ekstensi ini cocok untuk website yang tujuan utamanya atau memang sudah berkecimpung di sektor commercial atau perusahaan yang memang mencari keuntungan bisnis , walaupun belakangan domain ini juga di pakai untuk umum kare .com merupakan ekstensi yang pertama kali lahir atau palin tua (1985) , sehingga ekstensi ini selalu menjadi pilihan awal dalam mencari nama domain.

.NET

Berikutnya .NET , atau bentuk pendek dari Internet bentuk turunan dari kata Network , ekstensi ini cocok untuk perusahaan atau bisnis yang berkecimpung di bidang Networking Technologies sepertin Internet Service Provider maupun penyedia Infrastruktur yang berkaitan dengan internet.

.ORG

.ORG kependekan dari Organization , tujuan awalnya di pergunakan untuk lembaga-lembaga nonprofit tapi seiring waktu ekstensi domain ini juga berkembang , biasanya ekstensi ini di gunakan oleh sekolah , komunitas , organisasai kemanusiaan dan sejenisnya.

.EDU

Dari namanya sudah tergambarkan kalau ekstensi ini digunakan untuk institusi-institusi yang berkaitan dengan edukasi. Seperti perguruan tinggi atau di bawahnya.

.CO

.CO jarang di ketahui ternyata akhiran ini awalnya di buat dan di tujukan untuk negara Colombia , namu belakangan .CO juga banyak yang mengartikan kependekan dari Company , hingga akhirnya karena kepopulerannya domain .CO banyak di gunakan untuk berbagai sektor dan menjadi pilihan utama setelah domain .COM.

Selain ekstensi domain di atas masih banyak lagi pilihan lain yang bisa kamu gunakan untuk bisnis , untuk Indonesia sendiri kita punya .ID yang juga tidak kalah menarik dibanding domain di atas , selain mencerminkan bisnis mu merupakan perusahaan Indonesia , .ID juga singkat dan enak ketika di ucapkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *