8 Plugin Cache WordPress Terbaik Untuk Mempercepat Website

plugin cache wordpres terbaik

Terakhir diperbaharui pada

Bukan hal yang aneh lagi dan sangat wajar jika semua pemilik website atau pengelola website terutama wordpress ingin websitenya dapat diakses dengan cepat oleh para pengunjung.

Dalam kasus wordpress memang tidak mudah untuk mengoptimasi karena wordpress sendiri walau memiliki fleksibilitas yang tinggi namun memiliki kelemahan juga , salah satunya semakin besar web atau blog maka akan semakin riskan juga loading website menjadi lambat dikarenakan database menjadi membengkak.

Namun fleksibilitas yang tinggi itu pula problem ini tetap memiliki solusi , salah satunya yaitu menggunakan strategi cache tentunya dengan bantuan dari salah satu plugin cache yang ada di pasaran baik yang gratis ataupun berbayar.

Apa Itu Plugin Cache?

Plugin cache bekerja dengan cara menghasilkan halaman static html dari wordpress , sehingga website dapat diakses dengan cepat tanpa perlu lagi melakukan processing php dan lain-lain yang memerlukan akses langsung ke database.

Kapan Kita Butuh Plugin Cache WordPress?

Memang menggunakan plugin cache tidak wajib namun seperti kita tahu semua , saat ini untuk memperoleh peringkat yang bagus di mesin pencari (seperti Google) kecepatan merupakan salah satu faktor awal dari algoritma google dalam menentukan hasil pencariannya , jadi plugin cache sangat berguna untuk keperluan SEO website kamu.

Namun apabila website kamu telah memiliki server level caching , plugin cache mungkin tidak terlalu dibutuhkan , namun bukan tidak mungkin plugin cache akan melengkapi server level cache kamu , untuk beberapa server level cache memerlukan plugin juga untuk fitur seperti auto purge dan lainnya.

Cara Kerja Plugin Caching WordPress

Plugin cache memiliki cara kerja seperti penjelasan di atas , namun untuk memberi gambaran lebih jelas kamu bisa lihat infographic dari shoutmeloud dibawah ini yang menjelaskan bagaimana caching di wordpress bekerja.

Cara Kerja Caching Pada WordPress

Keuntungan Menggunakan Plugin Cache Untuk Website WordPress

Menggunakan plugin cache untuk wordpress memiliki banyak keuntungan yang sangat menunjang kemajuan blog atau website bisnismu.

  • Mempercepat loading websitemu karena pengunjung hanya mangakses halaman yang sudah di cache sehingga meminimalkan akses ke database.
  • Meringankan load di server mu , karena seperti yang disebutkan di atas pengunjung hanya mengunjungi halaman static dari konversi sebuah plugin cache.
  • Meningkatkan peringkat websitemu di mesin pencari karena websitemu kini lebih cepat di akses , dan kita tahu bahwa google suka website yang cepat.
  • TTFB (Time To First Byte ) lebih kecil , servermu dapat merespon request lebih cepat.
  • Berpengaruh langsung ke user experience di website kamu , pengunjung secara alami lebih suka halaman yang dapat di load dengan cepat.
  • Konversi lebih tinggi , apabila kamu memiliki website untuk keperluan penjualan tentunya akan meningkatkan tingkat konversi penjualanmu lebih baik.

Tanpa Plugin Cache vs Plugin Cache

Berikut kami lampirkan hasil test dari salah satu website klien kami , sebelum menggunakan plugin cache dan setelah menggunakan plugin cache.

Speed Test Tanpa Plugin Cache

Hasil yang di peroleh melalui speed test dari GTmetrix , lokasi test sydney tanpa menggunakan CDN.

Tanpa Plugin Cache

Speed Test Dengan Plugin Cache

Dan berikut hasil speed test menggunakan plugin cache dari lokasi yang sama tanpa CDN.

Menggunakan Plugin Cache

Seperti yang bisa kamu lihat, kecepatan load time website meningkat hingga 30%! Dan ukuran halaman berkurang hingga 7 kali lipat! Serta jumlah request di halaman tersebut berkurang hampir 5 kali lipat!

*Test diatas merupakan hasil test dengan lokasi test jauh dari lokasi server berada , karena GTmetrix tidak menyediakan lokasi test di Indonesia , untuk hasil test lokasi test di Indonesia memiliki kecepatan estimasi 2-4 kali lebih cepat dari hasil di atas.

Plugin Cache WordPress Terbaik Saat Ini

Untuk menggunakan plugin cache untuk website wordpress kamu , hal yang paling pertama kamu lakukan tentunya dalah mencari serta memilih dari beberapa opsi yang ada saat ini.

Memang tidak mudah untuk melakukannya , karena saat ini banyak sekali plugin cache yang memiliki kualitas sangat baik , sehingga bukan hal yang sepele memilih yang terbaik dari yang terbaik.

Untuk plugin cache mungkin pilihan akan berbeda untuk masing-masing pemililik web , karena kebutuhan nya pasti berbeda.

Berikut kami list daftar plugin cache wordpress terbaik saat ini.

1. WP Rocket

plugin cache wp rocket
Plugin Cache WP Rocket

Plugin yang satu ini memang tidak memiliki versi gratis nya , alias apabila kamu ingin menggunakan plugin cache ini kamu harus merogoh kocek sebesar $49/ tahun untuk single website hingga $249 untuk unlimited websites.

Namun dibanding dengan performa yang kamu dapatkan kami rasa harga tersebut sangat worth it , serta yang kami suka dari WP Rocket adalah kemudahannya , user interface dari plugin ini adalah yang terbaik dari semua plugin caching yang ada saat ini.

plugin cache wordpress dari wprocket
Dashboard WP Rocket

Semua menu dan fitur sangat mudah di mengerti , tidak mengintimidasi penggunanya , walau kamu masih baru di wordpress kamu tidak akan memiliki kesulitan yang berarti saat pertama kali menggunakannya.

Kenapa WP Rocket Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • User interface yang menarik dan indah , sehingga sangat user friendly.
  • Memiliki harga yang terjangkau dan sangat worth it.
  • Banyak digunakan oleh webmaster-webmaster tingkat dunia.
  • Sangat minim konflik dengan plugin, hosting ataupun template wordpress.
  • Memiliki Lazy load sendiri untuk foto , iframe dan video dari youtube , dan kemampuan untuk replace youtube thumbnail dengan image.
  • Memiliki preload cache yang cepat , sehingga tidak perlu menunggu pengunjung pertama agar cache aktif di tiap halaman.
  • Integrasi dengan CDN.
  • Memiliki minification serta combine css dan javascript.
  • Kompatibel dengan wordpress multisite.
  • Optimasi untuk google fonts , disable emoji , query string dll.
  • Support untuk cloudflare dan sucuri sehingga otomatis clear cache atau auto purge tanpa perlu manual melakukannya di dahsboard cloudflare/sucuri.
  • Optimasi databas , dari cleaning hingga menghapus post-post yang tidak digunakan serta resources yang berpotensi menjadi sampah di database.
  • Support varnish auto purge.

2. W3 Total Cache

plugin cache w3 total cache
Plugin Cache W3 Total Cache

Menjadi salah sastu plugin yang paling populer di wordpress , memiliki versi gratis dan sangat lengkap dibanding kompetitornya.

saking lengkap dan detailnya sehingga para pemula yang menggunakan wordpress dipastikan akan menemui kesulitan saat setup nya , bukannya kami menakuti , hanya saja kamu perlu mengetahui terlebih dahulu istilah dan kata dalam dunia wordpress serta server untuk dapat menggunakan plugin ini tanpa menimbulkan konflik bahkan error di website kamu.

Namun apabila kamu sudah memahami seluk beluk wordpress maka W3 Total Cache ini akan memberikan hasil yang memuaskan , website mu akan sangat cepat di akses , dan terbukti digunakan di banyak website besar dunia.

Apabila kamu akan sering berhubungan denga urusan backend plugin cache mu , maka sangat di sayangkan tampilan dari user interface W3 Total Cache sangat biasa dan cenderung mengintimidasi.

Namun apabila itu tidak menjadi masalah tentu tidak membuat kamu berhenti untuk mencobanya , namun pesan kami jangan langsung menggunakan plugin ini saat kamu pertama kali kenal wordpress.

Kenapa W3Total Cache Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Tidak perlu mengeluarkan uang untuk mulai menggunakannya.
  • Support untuk object caching.
  • Minify dan combine semua ada , termasuk caching database.
  • Memiliki kemampuan untuk upload media library dan lainnya ke CDN kamu atau remote storage seperti Amazon S3 dll.
  • Integrasi dengan CDN (Pull dan Push).
  • Kompatibel dengan berbagai macam hosting , terutama dedicated dan VPS , tapi hati-hati untuk shared hosting banyak yang melarang penggunaan plugin ini karena memakan resources yang lumayan besar di server.
  • Banyak yang menggunakannya , sehingga apabila kamu menemukan kesulitan akan mudah juga menemukan source untuk mencari jalan keluarnya.

3. WP Super Cache

Plugin Cache WP Super Cache
Plugin Cache WP Super Cache

Merupakan plugin cache resmi dari perusahaan pemilik wordpress itu sendiri yaitu Automattic , open-source sehingga gratis untuk digunakan.

Plugin WP Super Cache ini juga merupakan plugin cache yang paling banyak di download mendampingi W3 Total Cache.

Dengan mengetahui plugin ini dibuat oleh tim yang sama seperti yang mengelola dan membangun wordpress tentunya membuat kita merasa tenang saat menggunakannya , karena pasti 100% plugin ini akan aman dan kompatibel dengan wordpress.

Kenapa WP Super Cache Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Tim developer satu atap dengan wordpress
  • Memiliki mode cache untuk pemula hingga ahli.
  • Dashboard interface yang relatif mudah di pahami.
  • Integrasi dengan CDN.
  • Memiliki kemampuan rebuild cache otomatis.
  • Multisite support.
  • Memiliki fitur garabage collection , secara otomatis mengumpulkan file-file sampah yang berpotensi melambatkan website kamu.

4. WP Fastest Cache

Plugin Cache WP Fastest Cache
Plugin Cache WP Fastest Cache

Salah satu plugin populer dengan jutaan download , WP Fastest Cache menyediakan versi gratis dan berbayar , namu jangan khawatir untuk versi gratisnya pun kmau sudah bisa merasakan peningkatan kecepatan yang signifikan di website kamu.

Versi gratis nya juga menyediakan fitur minify dan combine untuk html, css maupun javascript , untuk dashboard interface dari WP Fastest Cache lumayan mudah digunakan karena banyak berupa checklist-checklist sehingga tidak memberatkan kita saat menggunakannya.

Untuk versi premium atau berbayarnya kamu memiliki fitur optimasi untuk image , WP Fastest Cache memiliki 15 lokasi server mandiri untuk melakukan image processing tanpa membebani server kamu sendiri , untuk image processing ini menggunakan siste credit yang bisa kamu top up setiap habis atau di butuhkan.

Kenapa WP Fastest Cache Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Memiliki fitur cache untuk mobile.
  • Memiliki Image optimization sendiri.
  • Integrasi dengan CDN.
  • Minify dan combine html , css dan javascript.
  • Dashboard interface relatif mudah digunakan berkat checklist model.
  • Versi gratis yang lumayan lengkap dan sudah cukup untuk blog baru hingga menengah.
  • Block cache untuk halaman tertentu dengan shortcode.
  • Cache timout , juga untuk halaman tertentu.
  • Auto clear cache.
  • Minify dan combine css dan javascript.

5. Comet Cache

Plugin Cache Comet Cache
Plugin Cache Comet Cache

Walau tidak sepopuler beberapa plugin cache sebelumnya namun Comet Cache juga layak masuk daftar plugin cache terbaik , kare performa nya juga mengesankan.

Untuk Comet Cache sendiri memiliki bagian Knowledge Base di websitenya yang cukup lengkap utnuk panduan para penggunanya.

Comet Cache memiliki versi gratis dan berbayar , untuk website baru versi gratis nya sudah cukup membuat perubahan yang besar di load web dibanding tidak menggunakan plugin cache.

Untuk versi berbayarnya akan dilengkapi berbagai fitur otomatisasi seperti layaknya plugin cache berbayar lainnya , seperti auto clear cache , cache preloading , untuk versi berbayarnya sendiri mulai di harga $39 untuk single site hingga $139 untuk unlimited sites , namun kelebihannya kamu hanya perlu membayarnya sekali saja bukan tahunan.

Kenapa Comet Cache Menjadi Salah Satu Plugin Cache Yang Terbaik?

  • Konfigurasi mudah.
  • Integrasi dengan CDN.
  • Minify dan combine css dan javascript.

6. Hyper Cache

Plugin Cache Hyper Cache
Plugin Cache Hyper Cache

Salah satu plugin cache berikutnya adalah Hyper Cache , plugin ini berjalan murni di PHP sehingga plugin ini akan 100% berfungsi untuk setiap blog tanpa dibutuhkan konfigurasi rumit.

Dashboar yang sederhana dan tidak komplex hanya berisi yang benar-benar kamu butuhkan di dalam wordpress.

Hyper Cache merupakan plugin gratis kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mulai menggunakannya , gratis bukan berarti performanya biasa.

Kenapa Hyper Cache Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Fitur double cache untuk desktop dan mobile version.
  • Fitur mobile site theme detection , apabila websitemu memiliki template khusus untuk mobile user tentunya fitur ini sangat membantu.
  • Integrasi dengan CDN.
  • 100% gratis.

7. Cache Enabler

Plugin Cache Cache Enabler
Plugin Cache Cache Enabler

Plugin cache dari cache enabler merupakan plugin gratis yang di buat oleh salah satu penyedia jasa CDN yaitu Keycdn.

Support untuk multisite , memiliki tampilan dashboard sederhana , memang tidak selengkap dari kompetitor yang memiliki versi berbayar , namun semua fitur yang dimiliki Cache Enabler sudah cukup untuk kamu start membangun wordpress kamu.

Kenapa Cache Enabler Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Integrasi dengan CDN.
  • Multisite support , tanpa mengeluarkan biaya sudah mendukung untuk multisite.
  • Clear cache manual untuk halaman tertentu.
  • Minify and inline.
  • Auto clear cache.

8. Swift Performance

Plugin Cache Swift Performance
Plugin Cache Swift Performance

Dan yang terakhir merupakan pendatang baru , Swift Performance , menyediakan versi gratis dan berbayar.

Untuk versi gratis bernama Swift Performance Lite sedangkan Swift Performance Pro untuk versi berbayarnya.

Walaupun sebagai pendatang baru plugin cache ini memiliki daya tarik kuat dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Berdasarkan uji coba yang kami lakukan plugin cache ini memiliki performa di atas rata-rata para kompetitornya tentunya dengan setup yang sesuai kebutuhan wordpress site masing-masing.

Untuk versi berbayarnya di bandrol dengan harga mulai $39.99 untuk single site hingga $199.99 untuk unlimited sites pertahunnya.

Versi berbayar dari swift performance bisa kami katakan sangat lengkap dan banyak fitur yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya.

Untuk setup di Swift Performance Pro apabila di lakukan secara manual akan cukup menyulitkan penggunanya , namun kabar baiknya pihak Swift Performance telah menyediakan beberpa Preset untuk memulainya , Simple Caching , Limited Hosting , Moderate Optimization , Improved Optimization dan Maximum Optimization.

Kenapa Swift Performance Menjadi Salah Satu Plugin Cache WordPress Yang Terbaik?

  • Integrasi dengan CDN dan Cloudflare.
  • Minify dan combine html , css dan javascript.
  • Lazy load images , youtube dan iframe.
  • Fitur prebuild cache.
  • Image optimizer free untuk pengguna Pro.
  • Database optimizer yang berfungsi mengoptimasi database dari wordpress kamu , tanpa perlu menggunakan plugin tambahan.
  • Plugin organizer yang memiliki kemampuan luar biasa yaitu kamu bisa memilih plugin tertentu untuk aktif atau tidak di halaman tertentu.
  • Critical font untuk memberikan kendali kamu terhadap icon eksternal sehingga tidak perlu load icon-icon yang tidak di gunakan.
  • Support varnish.
  • Google analytics bypass.
  • Memiliki fitur remote cron job dan remote prebuild menggunakan server dari swift performance.

Kesimpulan

Untuk memiliki website wordpress yang cepat memang tidak hanya sekedar plugin cache yang dibutuhkan , namun plugin cache memiliki peranan yang sangat krusial bagi kecepatan wordpress kamu.

Untuk memilih plugin cache mana yang terbaik untuk kamu tentunya sangat bijak bila kamu bisa mencoba tiap plugin sendiri , kamu catat waktu load sebelum menggunakan dan setelah menggunakan dari tiap plugin cache tersebut.

Lalu pertimbangkan juga terutama apabila hosting yang kamu gunakan berupa shared hosting pilih plugin yang ramah server.

Tentunya plugin cache yang terbaik untuk kami belum tentu cocok untuk anda , perjalanan untuk mencapai hasil yang terbaik tidak akan pernah berakhir karena teknologi sangat dinamis dan cepat perkembangannya.

Namun apabila kami di minta untuk memilih maka kami akan memilih dua yang terbaik meurut kami.

Kami akan memilih Swift Performance Pro dan WP Rocket sebagai pilihan plugin cache wordpress yang terbaik untuk saat ini.

Dua plugin cache wordpress di atas memiliki fitur dan performa yang dapat memenuhi segala kebutuhan website kamu.

Selain plugin cache memegang peranan penting , hal lain yang wajib kamu perhatikan adalah template wordpress yang akan kamu gunakan.

Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah apabila ada yang ingin kamu tanyakan atau diskusikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *